Kumpulan Ide Jitu Masak, Resep Masakan Nusantara dan Daerah di seluruh Indonesia serta cara memasaknya di ulas disini, bila anda ada resep lain silahkan kirimkan resep masakan daerah anda di blocknotinspire@gmail.com
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://resep17masak.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Resep Jitu Minuman Es Gempol Plered

Tidak perlu jauh-jauh ke Plered untuk mencoba minuman khas. Kini, Anda bisa coba membuat sendiri di rumah dengan pemilihan bahan yang tepat dan bergizi. 


Bahan:
200 gram tepung beras
50 gram tepung sagu
600 ml santan
200 ml air daun suji
200 gram tepung ketan
250 gram gula merah
400 ml air pandan
100 gram nangka, iris sesuai selera
Garam secukupnya.

Cara Membuat:

- Gempol: Campur tepung beras, tepung sagu, sedikit air daun suji, santan, dan sedikit garam, aduk rata sambil diuleni hingga rata. Ambil setiap kali secubit adonan, bentuk bulat seukuran duku, agak dipipihkan, lalu buat lekukan di tengahnya. Didihkan air, lalu masukkan bulatan-bulatan. Rebus hingga terapung tanda sudah matang, angkat, tiriskan.

- Plered: Campur tepung ketan, sedikit gula merah, garam, dan sisa air daun suji, aduk rata. Tuang adonan tipis-tipis di atas daun pisang, lalu kukus hingga matang.

- Rebus sisa santan kental bersama garam hingga mendidih sambil diaduk agar tidak pecah. Cairkan sisa gula merah hingga mendidih. Saring.

- Penyajian: Siapkan gelas saji, masukkan gempol, plered, nangka, santan kental, gula jawa, dan es batu, sajikan dingin.



Sumber :okezone.com


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More