Kumpulan Ide Jitu Masak, Resep Masakan Nusantara dan Daerah di seluruh Indonesia serta cara memasaknya di ulas disini, bila anda ada resep lain silahkan kirimkan resep masakan daerah anda di blocknotinspire@gmail.com
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://resep17masak.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Resep Jitu Masak Nasi Bebongko

Ingin mencoba rasa lain dalam varian nasi berbeda? Nasi bebongko bisa menjadi pilihan dengan tambahan udang serta daging ayam yang pasti bisa menggugah selera ketika menyantapnya.

 
Bahan:
 
500 gr beras
300 ml air untuk mengaron
300 gr udang kupas kecil
250 gra daging ayam
1/4 butir kelapa agak muda
2 sdm ketumbar
2 sdt garam
2 sdt merica
4 bh cabai merah besar
Daun pisang secukupnya
 
Haluskan:
 
10 btr bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdt terasi bakar
 
Cara membuat:
 
1. Bawang merah, bawang putih, dan terasi dihaluskan, lalu udang dikupas, dicuci dan dicincang halus. Kerok kulit ari kelapa, parut halus dagingnya. Cabai merah dibuang bijinya dan diiris serong tipis. Sisihkan.
 
2. Didihkan air, rebus daging ayam hingga matang. Tiriskan dan suwir-suwir halus dagingnya. Sisihkan 200 ml kaldunya. Cuci beras lalu masukkan ke dalam panci, tuang air dan kaldu ayam, aduk rata. Masak dengan api sedang hingga menjadi nasi aron dan air terserap habis. Sesekali diaduk agar tidak gosong di panci.
 
3. Campur kelapa parut dan ketumbar yang sudah dihaluskan. Aduk rata lalu sangrai sambil diaduk hingga kering bewarna kuning kecoklatan. Campur kelapa sangrai, nasi aron, udang, suwiran ayam, bumbu halus, irisan cabai merah, garam dan merica. Aduk-aduk hingga bahan dan bumbu tercampur rata.
 
4. Ambil selembar daun pisang dan bentuk seperti kerucut. Masukkan 2 sdm nasi aron, lalu lipat daun pisang dan sematkan lidi. Lakukan hingga semua bahan habis. Kukus nasi bungkus dalam dandang yang sudah dipanaskan selama 15-20 menit hingga matang dan harum, keluarkan dari dandang, sajikan.


Sumber : okezone.com


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More